Main Menubar

Monday, May 26, 2014

Mengenal Sistem Operasi Android #NgapakDroid

Android KitKat
Android merupakan sistem operasi yang berbasis kernel Linux dan didesain untuk perangkat mobile yang menggunakan mekanisme layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Pada awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc (yang dipimpin oleh Andy Rubin), yang didukung secara finansial oleh Google, sebelum pada akhirnya dibeli Google secara resmi pada tahun 2005.

Android diumumkan ke publik secara resmi pada tahun 2007 bersamaan dengan pendirian konsorsium Open Handset Alliance yang terdiri dari perusahaan hardware, software, dan telekomunikasi. Perangkat pertama berbasis Android yang diluncurkan ke pasar adalah HTC Dream, yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008.

Kode sumber Android dirilis oleh Google menggunakan lisensi Apache License, dimana setiap orang maupun perusahaan bisa memodifikasi dan mendistribusikan Android secara bebas. Per Juli 2013 Android telah memiliki total aplikasi di Google Play mencapai 1 juta aplikasi dan telah di-download lebih dari 50 milyar kali. Sebuah survei yang dilakukan pada April-Mei 2013 menyebutkan bahwa Android merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh pengembang dengan presentase 71% dari keseluruhan populasi pengembang.

Android sangat populer di kalangan perusahaan teknologi karena sistem operasi ini tidak membutuhkan resource perangkat keras dengan spesifikasi terlalu tinggi sehingga perusahaan-perusahaan lokal sekalipun dapat bersaing dengan perusahaan global lainnya. Selain dikembangkan untuk smartphone dan tablet, pada akhirnya Android juga mulai merambah berbagai area seperti televisi, konsol game, kamera digital dan berbagai perangkat elektronik.

Belajar lagi materi terbaru seputar teknologi dan pengembangan aplikasi Android hanya di #NgapakDroid.

No comments:

Post a Comment